Resume Administrasi Laboratorium


ADMINISTRASI LABORATORIUM
Administrasi merupakan suatu proses pencatatan atau inventarisasi fasilitas dan aktifitas laboratorium, supaya semua fasilitas dan aktifitas laboratorium dapat terorganisir dengan sistematis.
1.      Administrasi Alat
Alat laboratorium dimaksudkan adalah alat-alat yang digunakan untuk pelaksanaan praktikum. Kartu alat dengan Format C1 berfungsi untuk mencatat data untuk masing-masing alat. Informasi yang harus dicantumkan dalam kartu alat yaitu nomor kartu, golongan alat, nomor induk, spesifikasi (nama alat, merek, ukuran, pabrik, kode alat), lokasi penyimpanan, tanggal masuk dan dikeluarkan, dan jumlah alat yang tersedia. Khusus untuk alat-alat canggih dan alat keperangkatan harus dibuatkan secara tersendiri karena spesifikasinya lebih banyak.
2.      Administrasi Bahan
            Dalam mengadministrasikan alat pretikan fisika adalah menggunakan format D. Spesfikasi alat pratikan fisika yang diinformasikan yaitu nama-nama alat pengukuran seperti Amperemeter, Voltmeter, Gavanometer, Multimeter, Jangka Sorong, Mikrometer Sekrup, Mistar, Neraca O’hous dan lain-lain.
3.      Administrasi Sarana Prasarana 
            Fungsi Laboratorium Pendidikan Teknik Elektro adalah untuk menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam pengembangan ilmu di bidang teknik elektro. Penelitian dan pengembangan tentang teknologi berbasis robotik sangat diperlukan dalam upaya meningkatkan efesiensi. Peralatan laboratorium yang memadai dapat meningkatkan pelayanan kepada dosen dan mahasiswa dalam melaksanakan praktikum, penelitian serta pengabdian masyarakat. Bangunan fisik Laboratorium Pendidikan Teknik Elektro terdiri atas 1 lantai yang terdiri dari laboratorium instalasi listrik, laboratorium elektronika dan laboratorium motor listrik. Pengaturan laboratirum menjadi sub-sub bagian ini dimaksudkan untuk memudahkan koordinasi praktikum sesuai
mata kuliah yang sesuai dengan sub-sub tersebut. Laboratorium instalasi listrik digunakan untuk praktikum mata kuliah gambar listrik, teknik instalasi listrik dan praktikum instalasi listrik. Laboratorium elektronika digunakan untuk praktikum mata kuliah rangkaian elektronika, dasar dan pengukuran listrik, elektronika digital serta rangkaian listrik. Sedangkan untuk laboratorium motor listrik digunakan untuk praktikum mata kuliah mesin arus searah, mesin arus bolak-balik, perencanaan dan pengaturan motor listrik serta pengoperasian motor listrik. Manajemen laboratorium akan mencakup kegiatan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan. Hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan tersebut diantaranya mengatur dan memelihara alat dan bahan, menjaga disiplin di laboratorium dan keselamatan laboratorium, mendayagunakan laboratorium tersebut serta melakukan perawatan terhadap alat-alat praktikum.
4.      Administrasi Tenaga
            Tidak sedikit sekolah yang memiliki laboratorium lengkap, tetapi tidak digunakan dengan maksimal. Berbagai hal menjadi kendala antara lain tidak adanya petugas laboratorium (laboran) yang berfungsi mengelola laboratorium tersebut, kurangnya perhatian pengelolaan laboratorium, menyebabkan minimnya pengetahuan siswa tentang materi pelajaran. Siswa hanya sebatas mengetahui teori, tanpa mengerti praktek ilmiah. Oleh sebab itu, diperlukan usaha dari pihak terkait untuk memberdayakan dan mengaktifkan kembali fungsi laboratorium di sekolah-sekolah demi meningkatkan mutu pendidikan. Pengelola laboratorium bertanggung jawab terhadap administrasi laboratorium berupa buku inventaris alat/bahan, blanko permintaan alat, blanko permintaan bahan, program kegiatan laboratorium, buku harian kegiatan laboratorium, jadwal kegiatan laboratorium, serta menata alat menurut jenis dan bahan menurut sifatnya.


REFERENSI
Imansari,Nurulita.2017.Manajemen Laboratorium Pendidikan Teknik Elektro
            (Studi Kaus di FKIP-Universitas PGRI Madiun).Jurnal JUPITER (Jurnal
            Pendidikan Teknik Elektro).Vol.2.No.1.ISSN:2477-8346
Wahyuningsih,Retno.2017.Optimalisasi Pengelolaan Laboratorium PGMI
            Sebagai Sumber Belajar IPA.Jurnal At-Taubawi.Vol.2.No.1.ISSN:2527-
            8231


Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH MODEL INQUIRY

MAKALAH MODEL PBL (PROBLEM-BASED LEARNING)”

MAKALAH REMEDIAL